Pasulukan

Ikon

for Indonesian Culture

Munajat Ibnu Arabi

Pasulukan Loka Gandasasmita

“Widaksana Natasasmita”
Bijaksana dan Waspada dalam Melihat Permasalahan


Munajat Ibnu Arabi

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang….

Tuhanku…,
begitu luas ilmu-Mu pada setiap yang diketahui…,
begitu cermat pengabaran-Mu di balik setiap yang dipahami…,
begitu suci keluhuran-Mu pada setiap yang dipertaruhkan…,
telah bermuara kepada-Mu segala kepentingan, dan telah berujung kepada-Mu segala kalam…

Engkau Maha Agung pada setiap penyebutan,
dekatkanlah… kenaikanku dengan tanazzul-Mu…
Engkau begitu Agung dengan ketinggian-Mu,
muliakanlah… akhlak kami dengan kemurahan-Mu…,
Engkau nyata dalam setiap bathin dan dzahir,
Meliputi segala yang awal dan akhir,

Maha suci Engkau, tidak ada tuhan selain Engkau,
aku sujudkan keningku pada keagungan-Mu,
dan aku nikmati zikir-Mu melalui mulutku…,

Aku mohon dengan Asma-Mu yang Maha Agung, yang kepada-Nya menyebutlah segala yang nampak, dan dari-Nya terkabullah siapa yang bermohon…

Dengan rahasia (Asma-Mu), Engkau tuntut aku untuk memiliki kecenderungan yang tinggi, padahal Kau ikat aku dengan nafsu pembangkangan…

Aku mohon kepada-Mu… wahai Tuhanku…,

jadikanlah tanazzul-Mu sebagai tangga naikku menuju-Mu, jadikanlah ketundukkan dan kerendahan-ku ini sebagai mi’raj kepada-Mu…, genggamlah aku dengan seberkas cahaya-Mu…, yang darinya Engkau bukakan untukku segala yang tertutup, hijablah aku dari setiap penghasud dan penipu, limpahkanlah kepadaku akhlaq (al-karimah) yang darinya memancarlah segala ciptaan…, tetapkanlah aku (dengan akhlak itu) segala yang haq, sebagaimana Engkau luaskan rahmat dan ilmu-Mu pada setiap sesuatu.

Tiada tuhan selain Engkau… wahai Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri-sendiri.

Tuhanku…,

bimbinglah aku dengan kelembutan ketuhanan-Mu, untuk selalu faqir kepada-Mu dan tidak merasa lebih kaya dari-Mu selamanya…,

peluklah aku dengan petunjuk-Mu, sebuah pelukan yang menjagaku dari jalan yang menyuruhku kepada keburukan jiwa, dari jalan yang mengotori waktuku dan rasaku, dan yang mencatatku dengan sebuah tulisan di lauhulmahfudz…, karuniailah aku dengan ketentraman jiwa bersama-Mu, naikkanlah aku pada tempat yang paling dekat kepada-Mu, ruhkanlah ruhku dengan zikir-Mu, hindarilah aku dari keragu-raguan kepada-Mu, cegahlah aku dari kelemahan ridha, harumkanlah aku dengan kebiasaan yang Engkau terima, anugerahkanlah aku rahmat dari sisi-Mu, yang menghimpun kembali diriku dari ketercerai-beraian, menyempurnakanku dari segala kekurangan, meluruskanku kembali dari kebengkokan, mengeluar-kan diriku dari kesesatan, dan memberi-kanku petunjuk dari kebingungan…

Engkaulah Tuhan dan Pembimbing segala sesuatu…
Engkau limpahkan rahmat pada setiap zat (potensi dasar)…,
Engkau berikan keagungan pada derajat…

Maka sesungguhnya kedekatan-Mu adalah ruh dari segala ruh, wewangian dari kebahagiaan, tanda dari sebuah kemenangan, dan kesenangan dari ketentraman…

Engkau limpahkan berkah (kepada setiap sesuatu) wahai Tuhan dari segala tuhan, wahai Sang Pembebas segala penindasan, wahai Yang menampakkan azab…,

Engkau luaskan rahmat dan ilmu kepada setiap sesuatu,
Engkau ampuni segala dosa dengan kelembutan dan kemurahan…,
karena Engkaulah Maha Pengampun, Maha Penyayang, Maha Pemurah, Maha Mengetahui, Maha Tinggi, dan Maha Agung…

Engkau telah bershalat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya dan para sahabatnya….

Segala puji bagi Allah, Pembimbing segala alam…

Amin Ya Robbal’alamin…

____________________

Dibacakan pada malam Isra Mi’raj, dalam rangka Pendirian Pasulukan
“Drepayudha Mundingkawathi 1383”
oleh: Sayyidul Mubaarok Dikdik M. Arief Mansur

Filed under: Renungan

Tinggalkan Balasan

Kalender Posting

Agustus 2010
M S S R K J S
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Pengunjung

  • 116,242 Orang

Arsip

Sabda Guru

Sabda Guru

Sabda Guru

